Kenapa madu baik diminum sebelum makan?

Kenapa madu baik diminum sebelum makan?

madu baik diminum sebelum makanPara pecinta madu, pasti sering mendengar kalau madu paling baik dikonsumsi sebelum makan, apakah perbedaannya apabila dikonsumsi setelah makan? mari kita ketahui kenapa madu baik diminum sebelum makan, dan kita lihat sebab dan perbedaan pengaruhnya  terhadap tubuh.

Madu seringkali diminum apabila seseorang sedang membutuhkan bantuan dari fungsi dan manfaat madu yang ia minum, misal untuk meningkatkan stamina, untuk memperbaiki pencernaan, untuk menurunkan kolesterol atau vitalitas bagi pria dewasa, tidak seperti halnya jaman dahulu, madu diminum seperti layaknya minuman-minuman lainnya seperti syrup atau buah, karena kebanyakan fungsi madu dahulu selain obat adalah pemanis.

Jaman sekarang madu hampir disetarafkan dengan obat, baik obat kimia maupun obat tradisional, sehingga madu biasanya diminum apabila si peminumnya itu sedang membutuhkan bantuan dari khasiat madu tersebut. Sebagaimana semua orang pun tahu, apabila mengkonsumsi obat dalam hal ini adalah obat kimia atau resep dari dokter, maka yang paling utama selain dari resep berapa kali diminum dalam setiap harinya adalah “diminum setelah makan“, kenapa setelah makan? karena obat-obat tersebut adalah obat formulasi dari zat-zat atau bahan kimia yang memiliki fungsi tertentu bagi tubuh,  bahan kimia tidak baik apabila dikonsumsi sebelum makan atau dalam keadaan perut kondisi kosong, karena obat kimia apabila dikonsumsi sebelum makan akan memicu mual, muntah, jantung berdebar bahkan keracunan.

madu asli madu hitam pahitJadilah madu yang disetarafkan dengan obat jadi ikut-ikutan image masyarakat bahwa madu dikonsumsi setelah makan, pedahal apabila dilirik dari madu itu sendiri yang merupakan bahan alami. Madu asli tanpa campuran obat kimia apapun maka dia haruslah aman dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

Madu sendiri dalam beberapa riset yang dilakukan oleh para ahli, merupakan bahan raw material yang gampang sekali dicerna oleh tubuh, dalam beberapa keterangan bahwa madu akan diserap tubuh kurang lebih dalam jangka waktu 8 menit. Madu sendiri memiliki zat gula yang dikenal dengan zat gula sukrosa, sukrosa itu merupakan zat manis sebelum menjadi glukosa, atau setaraf dengan manisnya buah-buahan yang serupa dengan sukrosa, jadi manisnya madu asli sngatlah aman.

Namun apabila madu dikonsumsi setelah makan, dalam hal ini makanan berat seperti makanan nasi atau roti gandum dll, yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, dan dalam pencernaan bahan-bahan makanan ini agak lambat dicerna oleh tubuh maka madu akan bercampur dengan bahan-bahan tersebut. Zat gula sukrosa dan karbohidrat apabila dalam keadaan basah atau mengandung air maka dalam jangka waktu beberapa lama akan berproses kimia yaitu namanya fermentasi.

Fermentasi akan menghasilkan gas, sehingga organ lambung akan cepat naik kadar asam lambungnya yang seringkali membuat mual dan kembung. Itulah alasan kenapa madu baik diminum sebelum makan, karena madu itu gampang terserap tubuh maka akan lebih efektif apabila diminum sebelum makan, dan bahaya fermentasi madu apabila dikonsumsi setelah makan.

Maka Madu lover….minumlah madu sebelum makan.