masuk anginMasuk angin bukanlah sebuah penyakit yang berat dan sulit untuk diobati. Penyakit ini sering kali dialami oleh seseorang yang sedang dalam keadaan kelelahan, stress dan/atau kurang tidur malam sehingga daya tahan tubuh menurun. Selain itu, cuaca yang tidak menentu atau sangat dingin juga merupakan penyebab yang umumnya menimbulkan masuk angin. Semua faktor tersebut menyebabkan gas berlebih di dalam tubuh dan pembuluh darah menyempit sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Sebagai akibat dari kondisi tubuh yang seperti ini, timbullah berbagai gejala yang lebih dikenal sebagai masuk angin. Untuk mengobatinya, penderita masuk angin harus beristirahat cukup dan menghangatkan tubuh dengan teh panas atau berbagai pilihan herbal masuk angin.

Herbal masuk angin merupakan obat – obatan tradisional untuk mengobati masuk angin yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Ada beberapa macam herbal yang umum digunakan untuk mengobati masuk angin, seperti jahe merah, kunyit, kencur, temulawak, dan sebagainya. Fungsi berbagai herbal tersebut adalah untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan serta mengeluarkan gas berlebih yang membuat badan terasa tak nyaman. Selain itu, kandungan anti oksidan yang tinggi dalam herbal tersebut juga memberikan manfaat yang sangat menyehatkan bagi tubuh, termasuk melancarkan peredaran darah yang tersendat akibat kedinginan.

Obat Herbal Masuk Angin

herbal masuk anginMasuk angin yang umumnya juga disebabkan oleh tubuh yang terlalu lelah juga harus diobati dengan cara beristirahat cukup. Setelah mengkonsumsi herbal masuk angin yang menghangatkan tubuh dari dalam, pengobatan masuk angin juga dapat dilakukan dengan cara menghangatkan tubuh dari luar. Pijat dan melumuri tubuh dengan minyak gosok adalah cara yang sangat efektif untuk menghangatkan tubuh dan juga melancarkan peredaran darah. Setelah dipijat dan mengkonsumsi ramuan herbal, penderita masuk angin harus istirahat agar tubuhnya menjadi lebih rileks. Saat bangun, pastinya kondisi tubuh akan lebih baik dan semua gejala masuk angin telah hilang. Cara ini akan lebih efektif dan tidak menimbulkan efek samping seperti halnya cara mengobati masuk angin dengan kerokan, yang dapat menimbulkan terbukanya pori – pori kulit sehingga angin justru lebih mudah masuk kembali.

Selain itu, pengobatan herbal dengan madu hitam pahit juga merupakan cara tepat. Madu hitam pahit mengandung anti biotik alami yang dapat mencegah infeksi virus dan bakteri di dalam tubuh. Selain itu, madu ini juga dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh; salah satu cara efektif dalam pengobatan masuk angin. Pengobatan alami dengan madu hitam pahit juga merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menderita penyakit maag yang tidak bisa mengkonsumsi jahe atau herbal yang cukup panas lainnya. Madu hitam justru akan mengobati penyakit maag dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang masuk angin kembali.