penyebab bab berdarahPernahkah anda mengalami BAB (Buang Air Besar) beradarah ? Tentunya penyakit ini bukan penyakit yang jarang ditemukan, sebenarnya penyakit ini umum terjadi dan mengalami gejala karena beberapa alasan, BAB berdarah ini seringkali terjadi pada usia bayi, anak-anak dan penyebabnya adalah karena kulit anus yang terluka (anal fissure) disaat mengeluarkan tinja susah keluar atau sembelit. BAB berdarah ini pun bukan hanya terjadi pada usia bayi dan anak-anak namun dewasa pun biasa terjadi pada pria maupun wanita.

pendarahan buang air besarKita bisa mendiagnosis alasa kenapa terjadi bab berdarah dengan memperhatikan warna tinja yang dikeluarkan, sehingga diagnosa ini bisa menyimpulkan bahwa pendarahan ini apakah dari saluran pencernaan bagian atas atau bagian bawah, warna tinja bisa dilihat seperti merah terang atau merah kehitaman. Apabila warna kehitaman, kesimpulannya dalah luka berada pada saluran penceranaan atas, darah melewati saluran usus penyerapan (ileum) dan usus besar, dimana oksidasi hemoglobin terjadi disana, maka tinja atau feses yang dikeluarkan akan berwarna merah kehitaman, didalam dunia medis feses atau tija yang merah kehitaman tersebut disebut dengan “melena”.

Sedangkan apabila pendarahan pada saluran pencernaan bagian bawah maka feses yang dikeluarkan berwarna merah terang pendarahan tersebut di usus besar atau rektum, feses merah terang ini dalam medis disebut dengan “hematochizia”. Ketika buang air besar kita berdarah jangan langsung menyimpulkan bahwa pencernaan kita lagi bermasalah, belum tentu itu suatu pendarahan, karena feses bisa berubah warna apabila makanan yang kita konsumsipun memiliki pigmen yang membuat feses berubah warna, banyak bahan makanan yang memiliki pigmen yang tidak bisa dicerna dan membuat warna feses berubah, terutama pada obat-obatan.

Penyebab BAB berdarah

Penyebab pendarahan diatas sebagian dari penyebab bab berdarah secara keseluruhan, penyebab bab berdarah bisa terjadi pula karena beberapa alasan berikut :

  • Pendarahan Rektal, Pendarahan rektal adalah alasan yang paling umum. Pendarahan dapat terjadi baik pada bagian sigmoid atau rektum dari usus besar. Beberapa penyebab pendarahan rektal adalah lewatnya tinja yang sangat keras, sembelit, dan wasir.
  • Penyakit Maag, Maag kronis dapat menyebabkan pendarahan baik di lambung maupun usus dua belas jari (duodenum), yang kemudian dapat menyebabkan buang air besar jadi berdarah. Jika ini adalah penyebabnya, maka warna darah di tinja akan berupa merah gelap atau merah kehitaman. Tinja berdarah juga salah satu tanda dari gastritis atau peradangan di lapisan lambung.
  • Divertikulitis, Kantung-kantung dan titik-titik lemah terbentuk di usus kecil atau usus besar. Peningkatan tekanan dalam usus dapat menyebabkan pendarahan divertikular, sehingga tinja berdarah. Pengobatan jika disebabkan divertikulitis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan obat-obatan.
  • Penyakit Inflamasi Usus (Inflammatory Bowel Disease), Penyakit peradangan di usus seperti penyakit crohn (Chron’s disease) dan kolitis ulseratif juga dapat menyebabkan gejala tinja berdarah. Gejala lain dari kolitis ulseratif adalah nyeri perut, kram, dan demam. Aliran darah terbatas (iskemia) di usus besar juga dapat menyebabkan tinja berdarah.
  • Cedera Internal, Cedera internal atau kerusakan pembuluh darah di mana saja di saluran pencernaan dapat menyebabkan tinja berdarah. Luka diikuti dengan pendarahan dapat terjadi pada kerongkongan, lambung, dan usus. Diagnosa yang tepat penting untuk mengidentifikasi lokasi cedera dan/atau pendarahan.
  • Kanker Usus, Pada beberapa pasien, kanker usus besar diidentifikasi sebagai alasan utama. Jika dokter mencurigai masalah terkait dengan kanker, maka ia mungkin melakukan tes carcinoembryonic antigen untuk mengeliminasi kemungkinan tinja berdarah disebabkan oleh penyebab lain selain kanker usus besar. Individu yang berumur diatas 40 tahun dipercaya memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker usus besar.
  • Ambeien atau wasir, Gangguan fungsi pembuluh darah seperti ambeien atau wasir juga dapat menyebabkan tinja berdarah. Meskipun beberapa penyebab darah pada tinja sepertinya ringan dan dapat diobati.

Beberapa penyebab diatas ini mungkin dapat mengancam nyawa jika dibiarkan begitu saja tanpa ditangani untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, jika anda mengalami masalah buang air besar berdarah ada baiknya didiagnosis oleh seorang dokter yang berkualitas.

Mengatasi Bab berdarah dengan madu hitam pahit

madu pahit mengatasi bab berdarahMencegah lebih baik dari pada mengobati, namun apabila terlanjur sudah mengalami bab berdarah maka kita harus bisa cepat mengatasinya, bagaimana mengatasi bab berdarah? di Indonesia banyak rempah yang bisa dijadikan ramuan untuk mengatasi bab berdarah diantaranya kunyit dan temulawak yang di parutdan direbus dan diminum 2x sehari sampai pendarahan hilang. Namun disini pula bisa direkomendasikan sebuah produk dari ramuan madu yaitu madu hitam pahit yang secara cepat mampu mengatasi bab berdarah, madu ini pula bisa mengobati masalah pencernaan hingga wasir. Maka apabila anda mengalami bab berdarah cepat cari tahu penyebab bab berdarah dan lakukan cara mengatasi bab berdarah anda dengan cara yang tepat.