Gangguan Pencernaan Dyspepsia

Gangguan Pencernaan Dyspepsia

dyspepsiaSistem pencernaan manusia merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Sistem pencernaan ini terdiri dari beberapa organ dalam penting yang berfungsi untuk mencerna makanan dan mengambil nutrisi – nutrisi makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Sama seperti organ – organ lain dalam tubuh, sistem pencernaan juga kadang mengalami beberapa masalah atau gangguan. Salah satu masalah dalam sistem pencernaan manusia adalah gangguan pencernaan dyspepsia. Gangguan pada pencernaan ini mungkin terdengar asing dan kalah populer dengan penyakit – penyakit pencernaan lain seperti maag, diarem atau konstipasi. Namun gangguan ini merupakan sebuah masalah kesehatan serius yang harus ditangani secepatnya.

Para penderita gangguan pencernaan dyspepsia biasanya akan merasakan rasa tidak nyaman di bagian perut yang diikuti dengan rasa nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian atas. Ada beberapa gejala dari penyakit ini yang harus kita waspadai seperti kembung, sering sendawa, mudah merasa kenyang, rasa mual yang berlebih, dan heartburn atau rasa panas di bagian dada sebelah bawah. Penyebab dari penyakit ini disinyalir ada beberapa, diantaranya adalah dyspepsia yang disebabkan oleh borok yang berada di usus duabelas jari, dyspepsia yang disebabkan oleh peradangan di usus duabelas jari, dyspepsia yang disebabkan oleh melimpahnya asam lambung sehingga naik dan keluar menuju ke kerongkongan, hingga dyspepsia yang disebabkan oleh pemakaian obat – obatan tertentu.

Mengatasi Gangguan Pencernaan Dyspepsia

mengatasi dyspepsiaGangguan pencernaan dyspepsia bisa diatasi dengan beberapa cara. Yang pertama adalah dengan mengatur pola makan agar selalu teratur. Yang kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah. Yang ketiga adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Yang keempat anda bisa mengurangi makan makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan yang terlalu pedas, mengkonsumsi minuman dengan kadar alkohol dan kafein tinggi, serta rokok. Yang terakhir adalah anda bisa mengkonsumsi suplemen tambahan madu hitam pahit. Madu hitam pahit merupakan suplemen alami yang akan membantu tubuh dalam memelihara sistem pencernaan agar selalu berjalan dengan normal. Karena sifatnya yang alami, maka suplemen kesehatan ini bisa untuk dikonsumsi setiap hari.