Ciri-ciri menopause dini

Ciri-ciri menopause dini

ciri menopause diniSebenarnya menopause merupakan proses yang sangat alami terjadi kepada seorang wanita,  ini sangat normal bagi wanita, namun para wanita banyak yang tidak menyadarinya, bahkan gejala yang terjadi seringkali diartikan sebuah gejala dari penyakit yang lain, sehingga mengatasi gejala yang timbul salah. Proses penuaan pada wanita ini banyak tidak disadari atau bahkan merasa tidak mungkin terjadi pada dirinya, padahal jelas-jelas itu sudah terjadi.

Terlebih  apabila yang terjadi adalah menopause dini atau menopause yang terjadi di usia muda, sudah pasti setiap wanita tidak menerima secara langsung kalau dirinya mengalami menopause dini, yang dibenak mereka menopause merupakan proses yang terjadi atau dialami oleh para wanita usia “tua”.

Untuk itu mari ketahui ciri-ciri menopause dini yang menjadi sebagai tanda apakah sudah mengalami menopause dini atau bukan, sehingga kita mengetahui bagaimana cara mensikapinya, perlu pencegahan atau mengatasi agar gejala tidak semakin memburuk.

Ciri-ciri menopause dini biasa terjadi perubahan pada organ seksual  dan organ reproduksi seperti :

1. Uterus (Rahim)

Uterus akan mengecil, biasanya penyebabnya adalah menciutnya selaput lender Rahim atau yang dikenal dengan atrofi endometrium, selain itu juga bisa disebabkan oleh hilangnya cairan pada perubahan bentuk jaringan ikat antar sel. Dilain keadaan serabut pada otot Rahim (myometrium) menebal dan juga pembuluh darah myometrium menebal dan menonjol.

2.  Tuba Falopii (Saluran telur)

Lipatan-lipatan tuba akan menjadi lebih pendek, menipis dan juga mengerut, bagian endosalping menipis dan mendatar, serta kondisi pada rambut getar dalam tuba (silia) menghilang.

3.  Ovarium (Indung telur)

Perubahan dalam system peredaran darah disekitar organ indung telur (ovarium) sebagai gejala dari proses penuaan dan terjadi kekakuan dini pada system pembuluh darah ovarium tersebut. Dalam fase pramenopause ini siklus haid menjadi anovulasi atau tidak mengeluarkan sel telur, folikel primer tidak dapat matang secara baik. Serta hormon gonadotropin juga tinggi.

Ciri menopause tersebut terkadang diartikan penyakit organ seksual lain, sehingga penanganan menopause dini seperti ini seringkali salah, namun apabila selektif dan berhati-hati bisa dilakukan pencegahan sebelum terjadinya menopause dini, dengan mengkonsumsi suatu suplemen yang bisa menguatkan daya tahan tubuh dan menormalkan produksi hormon estrogen dan progesterone mampu mencegahnya, salah satu dari obat menopause tersebut adalah madu hitam pahit. Madu hitam pahit merupakan cairan alami dan bisa digunakan secara rutin, sehingga hidup anda tidak lagi khawatir tentang mengahadapi menopause, kalaupun itu terjadi maka gejala yang dating akan senantiasa diminimalisir.