Makanan Pencegah Kanker

Makanan Pencegah Kanker

madu makanan pencegah kankerKanker banyak mengancam kaum hawa, baik yang berusia dewasa maupun usia muda yang masih produktif, kanker umumnya terjadi pada wanita dengan rentan usia 35-50 tahun. Para wanita ada baiknya melakukan pencegahan kanker secara dini agar tidak sampai menyesal karena kebanyakan dari kanker yang ditemukan adalah dalam kondisi stadium lanjut, karena di stadium awal gejala kanker belum begitu terlihat, namun setelah lanjut maka mulai muncul gejala dan para wanita mulai memeriksakan kondisi tubuhnya. Mencegah secara dini merupakan hal terbaik yang dilakukan oleh wanita yang peduli akan kesehatan, salah satu cara pencegahan secara dini adalah dengan makanan pencegah kanker pada wanita.

Jenis kanker yang paling banyak dialami oleh wanita adalah kanker serviks, dan jenis kanker ini juga yang banyak memberikan korban jiwa meninggal dikarenakan ketidaktahuan dan ketidak pedulian wanita pada kesehatan tubuhnya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukan data bahwa kanker serviks merupakan jenis kanker yang memiliki peringkat pertama dalam memberikan kontribusi kematian pada wanita.

Penyebab yang paling banyak membuat para wanita mengalami kanker serviks diantaranya adalah dari hubungan seks, terutama bagi yang melakukan hubungan seks diusia dini (dibawah 20 tahun) memiliki kecenderungan mengalami kanker serviks dua kali lipatnya. Hal yang lain membuat seorang wanita mengalami kanker adalah dari makanan yang sering dia konsumsi, karena banyak juga wanita yang pola makannya tidak teratur namun mengkonsumsi makanan yang ekstreem untuk pencernaan seperti penggunakan cabai atau pedas yang berlebihan dan rasa asam dari cuka berlebihan juga, dan makanan yang serba instan.

Dalam mencegah kanker bisa juga mengkonsumsi makanan pencegah kanker sehingga makanan tersebut bisa dikonsumsi dalam rangka mencegah secara dini.

Beberapa jenis makanan pencegah kanker

1. Madu

Madu memiliki kandungan yang lengkap sebagai nutrisi bagi tubuh, madu juga sebagai bahan alami antibotika, mampu menekan sel kanker dalam tubuh, madu merupakan makanan pencegah kanker yang paling efektif apabila dikonsumsi secara rutin.

2. makanan yang mengandung Vitamin A, C, E, dan kalsium

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin-vitamin tersebut memiliki risiko terkena kanker lebih rendah. Vitamin A, C, dan E mengandung antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan secara tak langsung mencegah kanker. Makanan yang mengandung vitamin A bisa Anda dapatkan pada telur, ikan tuna, sayuran wortel, dan susu.

3. Makanan kaya antioksidan

Zat antioksidan sangat diperlukan tubuh terutama untuk mencegah kanker. Makanan pencegah kanker yang memiliki kandungan antioksidan antara lain blueberry, jeruk, paprika, cerry dan ikan salmon. Makanan yang kaya antioksidan tersebut bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

4. Wortel

Di dalam sayuran berwarna orange in terkandung beta karoten, beta karoten ini baik untuk mencegah pertumbuhan kanker. Wortel bisa diolah menjadi makanan seperti sayur atau di jus. Selain itu, makanan seperti paprika atau cabe jalapeno mampu menetralisir nitrosamines yang menyebabkan kanker.

5.  Buah Alpukat

Buah yang sangat enak ini jika dikonsumsi ternyata bisa mencegah pertumbuhan kanker. Alpukat dikenal dengan kandungan antioksidannya yang banyak serta kemampuannya untuk mencegah radikal bebas. Untuk itu, Anda disarankan agar mengkonsumsi buah ini lebih sering jika tak ingin terkena kanker, karena alpukat salah satu buah makanan pencegah kanker pada wanita.

 6. Vitamin B folat

Folat mampu menurunkan tingkat homocysteine yaitu zat yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel tak normal pada serviks. Makanan yang kaya akan vitamin B folat bisa Anda dapatkan pada brokoli, kembang kol, kubis, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya agar mengonsumsi makanan pencegah kanker tersebut lebih sering untuk mencegah kanker menimpa anda.

7. Makanan yang mengandung polyphenol dan flavonoid

Teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, walnut, cokelat, tomat, dan cabe hijau adalah jnis-jenis makanan yang mengandung polyphenol dan flavonoid. Makanan tersebut mampu mencegah kanker serviks dan menghambat pertumbuhan kanker.

8. Minyak Zaitun

Minyak  zaitun yang mengandung lemak tak jenuh mampu menjaga kesehatan bunda. Penelitian yang terakhir menemukan bahwa minyak zaitun dapat mencegah, mengobati kanker serviks dan menghentikan sel kanker. Apalagi dikonsumsi secara tepat dan teratur.

Mari lebih peduli terhadap kesehatan terutama kanker, dengan makanan pencegah kanker, madu hitam pahit salah satu makanan pencegah kanker.