mual-mual setelah makanKita makan bukan hanya karena merasa lapar tetapi juga karena tubuh kita membutuhkan energi dan asupan gizi dari makanan. Namun, apa jadinya kalau setelah selesai menghabiskan satu porsi makanan, justru perut terasa mual? Apakah semua sumber nutrisi bagi tubuh harus terbuang sia-sia sebelum diproses dan diambil saripatinya? Lalu, apa yang perlu kita lakukan karena rasa mual tersebut biasanya memicu tubuh untuk memuntahkan isi perut?

Rasa mual-mual setelah makan dialami oleh banyak orang, tidak hanya oleh para ibu hamil. Walaupun siapa saja bisa memiliki pengalaman yang sama, ternyata penyebab dari rasa mual tersebut beragam. Ada yang hanya karena kekenyangan atau justru ini merupakan gejala penyakit yang serius. Ada beberapa kemungkinan penyebab yang dialami saat kita merasa mual-mual setelah makan, yaitu:

 

Penyebab Mual-mual Setelah Makan

  • Peradangan pada lambung atau maag. Beberapa jenis makanan dapat memicu peningkatan produksi asam lambung dan menyebabkan iritasi. Secara otomatis, perut terpancing untuk mengeluarkan isinya melalui muntahan. Biasanya gejala mual juga disertai perut kembung, sendawa dan buang angin terus-terusan.
  • Tukak lambung serta berbagai jenis luka yang menyebabkan rasa nyeri di daerah perut yang berujung pada rasa mual.
  • Adanya zat kimia asing atau tertentu yang ditolak keberadaannya oleh sistem pencernaan yang biasa disebabkan oleh keracunan.
  • Bagi wanita, ini mungkin merupakan pertanda kehamilan usia dini. Pada trimester pertama, seorang ibu muda biasanya mengalami mual-mual di pagi hari dan setelah atau saat makan.
  • Penyumbatan di usus kecil yang membutuhkan perhatian medis.
  • Makan secara terburu-buru.

Pengobatan tidak harus mahal dan memaksa Anda pergi ke dokter atau bahkan menginap di rumah sakit. Madu hitam pahit merupakan obat alami yang secara aman dan efektif membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit. Apabila Anda mual-mual setelah makan, tentunya ada masalah pada perut Anda. Madu hitam pahit ini walaupun rasanya pahit namun sangat berkhasiat untuk mengobati masalah pencernaan. Madu ini dapat meredakan rasa mual pada penderita maag. Apabila dikonsumsi secara rutin, maka penyakit tersebut akan sembuh.