cara mengobati masuk anginMasuk angin merupakan salah satu jenis penyakit yang hanya diderita oleh orang – orang Indonesia. Di negara – negara lain, khususnya negara – negara barat, penyakit dengan gejala serupa masuk angin lebih dikenal sebagai influenza. Ada beberapa perbedaan antara masuk angin dan influenza. Masuk angin ditandai dengan badan yang terasa tidak enak, pegal – pegal, pusing, mengantuk, dan menggigil. Gejala tidak enak badan ini juga dibarengi dengan perut kembung, mual, muntah, dan bahkan diare. Sedangkan pada influenza, penderita juga mengalami demam atau panas tinggi, serta batuk dan pilek. Adanya perbedaan tersebut membuat cara mengobati masuk angin juga berbeda dengan pengobatan influenza.

Pengobatan medis untuk influenza umumnya dilakukan dengan konsumsi paracetamol dan obat – obatan lain untuk meringankan gejalanya. Namun, pilihan obat tersebut dirasa kurang tepat jika digunakan untuk mengobati masuk angin. Penyakit masuk angin yang umumnya disebabkan oleh tubuh yang mengalami kedinginan dan kelelahan cenderung lebih mudah disembuhkan. Akan tetapi, pengobatan masuk angin juga harus dilakukan dengan segera agar tubuh tidak terlalu lama kedinginan, menyimpan terlalu banyak gas di dalam tubuh, dan akhirnya mengakibatkan dampak yang fatal. Cara mengobati masuk angin yang tepat adalah dengan menghangatkan tubuh dari luar dan luar serta cukup beristirahat. Dengan tubuh yang hangat, peredaran darah akan menjadi lancar dan gejala masuk angin pun berangsur – angsur hilang.

Meski disebut masuk angin, penyebab utama masuk angin penyakit ini bukanlah angin yang masuk ke dalam tubuh. Masuk angin cenderung terjadi pada mereka yang kelelahan sehingga daya tahan tubuh menurun dan juga tubuh yang kedinginan setelah kehujanan, berada di ruang ber-AC, mengendarai motor dalam jarak jauh tanpa menggunakan pelindung tubuh yang cukup, dan sebagainya. Tubuh yang sedang tidak fit dan kedinginan akan bereaksi dengan cara mempersempit pembuluh darah. Sebenarnya, hal ini merupakan cara tubuh untuk tidak kehilangan kalori dan mencegah hipotermia. Namun akibatnya, peredaran darah menjadi tidak lancar dan badan terasa tidak enak karena gejala – gejala masuk angin ini. Bahkan, jika tidak diobati dengan segera, penyakit yang terkesan sederhana ini dapat menyebabkan kematian mendadak karena heartstroke yang disebabkan oleh tidak mengalirnya darah ke jantung.

Karena merupakan penyakit yang umum diderita, kebanyakan orang Indonesia telah mengetahui berbagai cara mengobati masuk angin secara tradisional. Kerokan, pemijatan serta minum minuman yang menghangatkan seperti wedang jahe atau teh panas merupakan cara pengobatan yang lazim dilakukan ketika masuk angin. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba pengobatan menggunakan madu hitam pahit untuk masuk angin. Kandungan anti biotik alami dalam madu hitam pahit dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan peredaran darah yang tersendat karena masuk angin. Selain itu, pengobatan herbal dengan madu hitam pahit juga tidak memiliki efek samping seperti halnya cara pengobatan lainnya.

Madu Hitam Pahit
PageRank Checker
peluang usaha