minum madu sebelum makanBeberapa konsumen madu pahit ar-rohmah menanyakan amankah minum madu sebelum makan? Jawabannya adalah “aman” kenapa kami menjawab AMAN, alasannya adalah madu merupakan cairan alami seperti layaknya minuman lainnya, air, sirup dan minuman lainnya. Mungkin penanya amankah minum madu sebelum makan menyetarakan madu dengan obat (obat kimia) yang pada umumnya diketahui aman apabila dikonsumsi setelah makan. Prinsip madu adalah obat adalah benar karena memang madu memang berkhasiat, namun karena madu ini berasal dari hal yang alami maka minum madu sebelum makan dalam hal ini perut kosong adalah aman.

Tetapi tidak menutupi kemungkinan bagi beberapa orang peminum madu apabila meminumnya sebelum makan akan merasakan hal yang mungkin dirasakan ganjil gejalanya, seperti mual-mual, bisa juga sampai muntah, pusing kepala dan mungkin lainnya, hal ini bisa diakibatkan dari keadaan mula sebelum minum, bisa saja penderita maag dalam keadaan asam lambung yang sangat dan menyebabkan mual atau pening. Maka dalam kondisi ini minum madu bagi penderita maag disarankan untuk diminum setelah makan, setidaknya satu jam setelah makan berat.

Madu merupakan cairan yang memiliki kandungan zat gula alami (fruktosa) yang hamper sama dengan buah-buahan, akan aman dikonsumsi sebelum makan dan akan memberikan efek yang kurang baik apabila dikonsumsi selepas makan, apabila kebiasaan makan buah-buahan selepas setelah makan (cuci mulut) maka dikhawatirkan semakin membuat asam lambung naik dan berfermentasi. Makan merupakan ritual memasukan zat karbohidrat untuk energy kedalam tubuh seperti dari nasi dan roti, dan biasanya dibarengi dengan minum, jelas bahwa kadar air dalam perut akan bertambah, apabila konsumsi buah-buahan atau madu selepas makan maka bisa saja memberikan reaksi kimia seperti berfermentasi (fermentasi : karbohidrat/zat gula + air) yang ditandai dengan gejala sendawa yang sering, perut kembung dan mengeluarkan gas panas, juga panas dalam.

Jadi amankah minum madu sebelum makan sudah dijawab dalam artikel ini, saran kami biasakan minum madu atau makan buah-buahan sebelum makan, atur sekitar 1 jam sebelum makan berat. Apabila ada rasa yang berbeda seperti mual pusing maka bisa diminum setelah makan namun beri jeda waktu sekitar 1 jam pula.

Sediakan madu hitam pahit Ar-rohmah di rumah anda untuk bisa menjadi persediaan dikala dibutuhkan oleh anda dan keluarga.