Gejala Penyakit Maag Pada Anak

Gejala Penyakit Maag Pada Anak

gejala penyakit maag pada anakBanyak orang tua berpikir bahwa penyakit maag hanya menyerang orang dewasa. Padahal sebenarnya anak – anak pun dapat menderita penyakit yang juga disebut sebagai gastritis ini. Meski kasus penyakit maag yang menimpa anak – anak angkanya terbilang lebih kecil dibandingkan orang dewasa, tetapi para orang tua wajib waspada. Para orang tua hendaknya melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan agar anak – anak mereka tidak terserang penyakit yang sangat berbahaya ini. Orang tua juga harus mewaspadai berbagai gejala yang seringkali muncul mengikuti penyakit ini.

Lima Gejala penyakit maag pada anak

Menurut penelitian, ada beberapa gejala penyakit maag pada anak yang seringkali muncul dan wajib diwaspadai oleh para orang tua, yakni:

  • Anak merasakan sakit pada perut bagian atas atau ulu hati
  • Perut anak tiba – tiba kembung
  • Buang air besar tidak lancar
  • Nafsu makan anak secara drastis menurun
  • Sering buang angin

Akan tetapi, jangan pernah menganggap bahwa berbagai gejala penyakit maag pada anak seperti yang disebutkan di atas selalu menandakan bahwa anak terserang penyakit yang menyerang lambung ini. Seringkali, anak yang mengalami berbagai gejala di atas, ketika diperiksa ternyata tidak ditemukan kelainan kesehatan apapun. Kondisi seperti demikian biasa disebut sebagai sakit perut maag akibat psikis. Gangguan seperti itu lebih sering ditemukan pada anak usia 5 hingga 15 tahun. Penyebab paling umum yang ditemukan pada anak yang menderita sakit maag adalah adanya kuman Helicobacter Pylori.

Ada banyak langkah yang dapat diambil untuk mencegah kuman Helicobacter Pylori menjangkiti anak – anak maupun dewasa. Belakangan ini, suplemen herbal atau yang terbuat dari bahan alami lebih banyak dipilih dengan alasan keamanan. Salah satu obat atau ramuan herbal yang diketahui dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit maag adalah madu hitam pahit. Obat herbal ini mengandung beragam nutrisi dan zat anti kuman, bakteri serta virus yang dengan efektif mampu membunuh kuman helicobacter pylori penyebab maag. Dengan memiliki madu hitam pahit ar-rohmah di rumah, maka para orang tua tidak perlu khawatir jika menemukan munculnya gejala penyakit maag pada anak.